Minggu, 15 Mei 2011

tanggung jawab umat dalam berdakwah

 Jika orang muslim di hadapkan oleh dua permasalahan, antara kepentingan pribadi dan kepentingan umat. sikap mendahulukan kepentingan saudara nya itu termaksud akhlak yang mulia dan termksud ke dalam bentuk pemikiran yang bernilai tinggi.
 Islam tidak pernah membiarkan salah satu dari umat nya lepas dari tanggung jawab.dan justru sebaliknya Allah memberikan tanggung jawab yang sesuai dengan kapasitas umatnya.rosululah bersabda:
 Bahwa setiap kamu adalah pemimpin dan seorang pemimpin akan selalu dimintai pertanggung jawaban nya. setiap presiden itu juga pemimpin dan dimintai pertanggung jawaban nya oleh rakyat nya.ketahuilah kamu adalah pemimpin dan masing-masing dari kamu akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinan nya.
 Dengan demikian, selama seorang pengemban dakwah tidak berusaha mengembangkan pemikiran-pemikiran Islamnya yang jernih serta berusaha memiliki kesadaran politik yang tinggi dengan manjalankan aktivitas pergulatan pemikiran dan perjuangan politik, maka tidak mungkin ia menjadi pemimpin umat. Ia hanya mampu menjadi seorang pengajar, khatib, syaikh, dan sejenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar